Translate

[ Aksi Super Damai 212 ]:Pelajaran berharga untuk Negeri

2 Desember 2016; Sebuah memontum yang luar bisa, berkumpulnya jutaan umat muslim Indonesia di Monumen Nasional sampai bundaran Bank Indonesia dan terpecah jadi tiga cabang dan tidak tahu data pastinya sampai mana. Aksi menuntut percepatan proses hukum tersangka penista agama Islam ini, berlangsung dengan kegiatan dzikir bersama, dilanjut sholat jum'at dan orasi beberapa ulama, KaPolri dan Presiden RI ketujuh. Dengan tema aksi super damai, aksi ini memang berlangsung sangat damai. Tidak ada kerusuhan dan bentrokan antara peserta aksi dan aparat keamanan.

Baca : Aksi 2 Desember Damai dan Tertib, MUI: Ini Monumental dan Dewasa

Dimana ada peristiwa sejarah, disitulah ada pelajaran berharga. Dalam Aksi Super Damai 212 ini, begitu banyak pelajaran berharga yang dapat diambil.
1. Setiap kegiatan demonstrasi, aksi damai dll, yang menggunakan ruang publik tidak lepas dari sampah yang berserakan. Akan tetapi dalam aksi ini, sampah juga turut membubarkan diri bersamaan dengan bubarnya peserta aksi. (Baca : Usai Ditinggal Peserta Aksi 212, Monas Kembali Bersih )
2. Fasilitas tempat wudhu yang kurang, Maha Pencipta mengguyur peserta aksi dengan hujan. Sehingga peserta aksi dapat memanfaatkan hujan sebagai air wudhu (sumber : status akun Facebook teman yang saya lupa siapa yang posting)
3. Tidak bergeraknya massa aksi pada saat hujan mengguyur mengisyaratkan kekhusukan ibadah tidak mampu diganggu oleh berbagai gangguan. (Baca : Massa Aksi 2 Desember Tetap Khusuk Shalat Jumat di Tengah Hujan)
4. Keikhlasan dan kesabaran dalam mencapai tujuan adalah nafas yang paling utama. Walau harus ditempuh dengan jalan kaki karena tidak ada PO bus yang bersedia disewa untuk mengantar peserta aksi Ciamis, mereka tetap semangat hingga tiba di Jakarta. (Baca : Aksi Damai 212, Ribuan Massa dari Ciamis Tetap Jalan Kaki Menuju Jakarta)
5. Berbagi adalah cara muslim membesarkan agamanya. (Baca : Aksi Super-Damai 212, Masyarakat Bagikan Makanan Gratis)

sumber video : dari salah satu akun Facebook teman saya

Comments

Popular posts from this blog

TAHAPAN SEBUAH TENDER MELALUI SITUS LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE) KATEGORI PEKERJAAN KONSTRUKSI

DIBALIK "OUTBOND" PERPUSTAKAAN GHAI' BINTANG

Langkah-Langkah Menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Menghitung Profit dalam Tender.