Translate

Teruntuk Teman Satu Kamar Kost

Congrats for your final project test
Pesan ini aku tulis pada jam 21:03 WIB tanggal 01 Juli 2018
Hanya ucapan selamat yang dapat aku berikan untukmu
Mungkin aku tak seperti mereka yang bisa memberikan segenggam bunga atau selempang ST.
Aku hanya akan membagikan dua cerita untukmu, hanya dua itu saja.

Cerita pertama dimulai saat kamu sudah dinyatakan lulus.
Entah lulus dengan ijazah atau hanya sekedar surat keterangan lulus. Disaat itu kamu akan memulai perjalanan baru menjadi seorang jobseeker. Surat lamaran kamu tulis disertai cv menarik dan data pendukung, kamu sebar dalam balutan amplop cokelat dengan harapan akan ada perusahaan yang memanggilmu. Tak hanya itu, laptopmu yang selama ini hanya terpampang games, youtube, sosmed, drama korea, tugas kuliah akan berubah menjadi halaman perusahaan-perusahaan atau situs pencarian kerja. Selain itu, tulisan karir/lowongan akan menjadi bagian dari kolom pencarian kerja di google. Lama tak ada perusahaan yang menerimamu sebagai karyawan. Disaat itulah, kamu mulai merasakan ketidak-percayaan pada kredibilitas alamamatermu.

Perjalanan panjangmu dalam mencari pekerjaan akan tiba saatnya satu dari sebagian banyak perusahaan yang kamu lamar akan menerimamu. Pada saat itu, kamu akan merasakan kamu berada ditempat yang tak seharusnya. Dikarenakan teman-temanmu yang sama denganmu memiliki gaji yang lebih besar dari mu. Hanya dua pilihan yang harus kamu ambil disaat itu, tetap pada posisi itu dan ikhlas menerima gaji segitu atau pindah dengan harapan memperoleh gaji yang lebih menggiurkan.

Tak berhenti disitu, kamu akan bekerja selayaknya seorang karyawan. Jika kamu berada dikantor, kamu akan bekerja dari jam 08;00 hingga 17;00. Kadang kamu harus lembur hingga jam 22;00 atau bahkan hingga pagi. Lain cerita jika kamu bekerja dilapangan pada perusahaan sekelas BUMN. Tidak ada kalender merah, kamu bekerja tujuh hari dalam seminggu dan libur tujuh hari dalam dua bulan. Tidak ada kalender merah kadang kamu harus bekerja pada start 22;00 hingga pagi hari. Tenang semua itu akan terbayar dengan gaji yang setimpal. Diakhir proyek, kamu juga akan mendapatkan bonus besar berlipat-lipat.

Dunia konstruksi tak seindah yang diceritakan dosen dalam kelas. Berat, disini kamu akan melihat dunia hitam dan putih yang saling terhubung. Abu-abu adalah duniamu. Kamu hanya tinggal memilih untuk memperbanyak putih dengan konsekuensi yang harus kamu tanggung atau hitam dengan kesenangan duniawinya. This is just a choice, your choice. Yang akan menentukan jalannya hidupmu. Sebuah pilihan ada enak dan tidaknya tinggal kamu mendefinisikan mana yang enak dan mana yang tidak.

Beberapa lama setelah itu, kamu mulai akan mulai berfikir dengan rutinitas yang monoton ini. Kamu bekerja dengan waktu, menghabiskan banyak waktu diluar, berkumpul dengan teman kerja dan hanya mereka. Kamu mulai memperhatikan sosmed, youtube dan sebagainya, disitu kamu mulai melihat banyak dari mereka yang bisa jalan-jalan memiliki Quality Time yang baik dengan keluarga. Disaat itulah kamu bertanya, “Untuk apa aku bekerja ?” atau “untuk siapa aku bekerja?” untuk mereka tetapi aku tidak ada disisinya.

Cerita kedua tentang cinta dan perjalanannya.
Disini kamu akan dihadapkan dengan beberapa permasalahan. Pertama siapa yang akan kamu jadikan pasangan, dan apakah kamu udah siap. Kamu sudah tidak berfikir lagi bahwa sebuah hubugan hanya akan dijalankan dengan cukup berpacaran. Tetapi menikah, adalah konteks yang tak mudah dilakukan.

Kadang kamu akan melihat seorang wanita yang cantik dan cocok untuk dijadikan pasangan, tetapi belum tentu kamu mampu untuk mengutarakannya. Itu hanya berlaku bagi orang yang selalu berfikir kedepan dan selalu komitmen dalam menjaga kebahagiaan pasangan. Finansial bukan segalanya tapi sebagian besar perceraian diakibatkan karena urusan dapur bukan kasur.

Sekali lagi selamat atas selesainya sidang tugas akhirmu.
Tapi ini bukan akhir,
Because the challenge of your life is still waiting for you.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Menghitung Profit dalam Tender.

[Benarkah] Dia Perebut Pacarku ?

Pria dan Pembalut.